5 HAL INI MENJADI PENENTU JAM TANGAN DENGAN KUALITAS TERBAIK

Diposting oleh Watch Studio pada

Watch Studio Lovers, apakah kalian sering kebingungan dalam menentukan jam tangan berkualitas yang cocok dengan kalian? Memang, semua orang memiliki seleranya masing-masing. Namun, ada beberapa hal yang dapat kalian pertimbangkan saat membeli jam tangan agar jam tangan yang kalian beli tetap sesuai dengan style kalian dan tetap berkualitas tinggi. Berikut 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk dapatkan kualitas jam tangan terbaik yang cocok untuk kalian.

  1. Material Jam Tangan

Untuk jam tangan mewah, sering kali ditemukan penggunaan platinum, emas, bahkan titanium sebagai bahan dasar case jam tangan disamping penggunaan baja dan perunggu. Bahkan ada beberapa produsen jam tangan yang membuat bahan khusus mereka sendiri. Berbagai merek jam tangan mewah mencampurkan berbagai bahan yang membuat jam tangan mereka memiliki durabilitas yang tinggi dan tahan akan goresan. Sehingga hal ini perlu diperhatikan lebih lanjut saat memilih jam tangan yang cocok untuk kalian.

Selain itu, untuk jam tangan yang menggunakan stainless steel, ada beberapa tipe stainless steel yang perlu kalian perhatikan. Jam tangan berkualitas biasanya menggunakan stainless steel 316L atau 904L. Jika kalian menemukan tipe stainless steel 304L yang biasanya ditemukan di jam tangan murah, tipe ini lebih rentan akan korosi serta terlihat lebih gelap dibandingkan dengan 316L atau 904L karena kandungan karbonnya. Sehingga jam tangan dengan stainless steel 304L cenderung tidak awet dan tidak sekuat tipe stainless steel lainnya.

  1. Watch Movement

Mesin jam tangan tentunya merupakan salah satu hal terpenting dalam menemukan jam tangan berkualitas sebagai jantung dari jam tangan kalian. Jam tangan quartz umum ditemukan pada jam tangan dengan harga yang murah. Namun, bukan berarti kualitasnya jelek dan membuatnya tidak berkualitas dan kurang menarik. Jam tangan quartz memiliki ciri khas “detak” pada jarum detik dibandingkan dengan tipe pergerakan yang halus. Menjadikan jam tangan quartz memiliki peminatnya sendiri.

Untuk jam tangan mewah, biasanya mesin jam tangan dibuat dengan tangan atau diselesaikan dan dipoles dengan tangan. Mesin jam tangan berkualitas rendah biasanya tidak mempunyai beveling yang sama, Côtes de Geneve, atau Guilloché polishing.

  1. Akurasi Jam Tangan

Jam tangan berkualitas tinggi dirancang memiliki tingkat keakuratan +6 / -4 detik per hari. Tiap brand biasanya akan mengirimkan jam tangan mereka untuk melewati sertifikasi kronometer (COSC) yang mana mesin jam tangan mereka akan melewati berbagai pengujian sesuai standar COSC selama 10 hari. Oleh karena itu, pastikan jam tangan yang akan kalian beli telah lulus uji COSC untuk mendapatkan jam tangan dengan kualitas serta keakuratan yang tinggi.

  1. Berat Jam Tangan

Dulu, berat jam tangan seringkali digunakan sebagai cara untuk menemukan jam tangan yang berkualitas. Semakin berat jam tangan tersebut, maka semakin berkualitas dan mewah. Namun, sekarang hal tersebut bukanlah lagi menjadi penentu. Jika bahan yang digunakan saat pembuatan jam adalah platinum atau emas, tentunya jam tangan akan terasa lebih berat dibandingkan stainless steel dan titanium. Kalau jam tangan yang kalian pilih memiliki tingkat kerumitan movement yang tinggi, komponen yang digunakan semakin banyak sehingga juga akan mempengaruhi berat dari jam tangan.

Kini, banyak produsen jam tangan, terutama jam tangan mewah yang berinovasi dalam meringankan berat dari jam tangan, seperti penggunaan silikon dalam mesin jam tangan, atau menggunakan micro-rotors untuk mengurangi bobot winding mechanism. Intinya, berat bukanlah lagi menjadi patokan utama dalam memilih jam tangan berkualitas karena sekarang jam tangan mewah pun berlomba-lomba membuat jam tangan yang ringan untuk para penggunanya. Jadi, pastikan berat berbanding dengan kualitas penting lainnya seperti material, tipe movement, akurasi, dan lainnya agar menemukan jam tangan berkualitas yang cocok untuk kalian.

  1. Strap Material

Ada banyak tipe strap untuk berbagai jam tangan. Kali ini yang akan kita highlight adalah tipe leather strap. Ketika memilih leather strap, full grain adalah kualitas tertinggi dengan durabilitas yang sangat tinggi. Top grain juga leather strap kualitas lainnya walaupun lebih rentan menunjukkan ketidaksempurnaan setelah penggunaan berulang. Genuine leather adalah leather strap dengan kualitas lebih rendah yang mudah berubah dan tidak sekuat leather strap lainnya. Ada juga kulit imitasi yang terbuat dari plastik, lalu diembos untuk memberikan efek yang lebih eksotis.

Jam tangan berkualitas biasanya menggunakan full grain atau top grain leather strap. Untuk jam tangan mewah, bahkan sering digunakan tipe kulit yang eksotis, seperti dari kulit buaya, burung unta, dan berbagai bahan kulit eksotis lainnya. Selain bahan baku untuk leather strap yang perlu diperhatikan, kualitas jahitan strap juga perlu diperhatikan. Kita menginginkan strap dengan jahitan halus, jarak antar jahitan konsisten, warna benang jahitan konsisten, serta memiliki finishing yang rapi. Jam tangan dengan kualitas rendah biasanya memiliki kualitas jahitan yang tidak halus dan rapi, serta ujung jahitan terlihat kasar dan berserabut.

Nah, kalian sekarang jadi tahu kan cara mengidentifikasi jam tangan yang berkualitas dan cocok untuk kalian. Namun, kalau kalian masih kebingungan, kalian bisa membeli jam tangan di toko jam tangan terkenal untuk jaminan kualitas jam tangan yang mumpuni seperti Watch Studio Indonesia. Disana, kalian akan dibantu oleh sales kami untuk menemukan jam tangan yang paling cocok untuk kebutuhan kalian. Atau, kalian bisa cek rekomendasi jam tangan dari kami untuk berbagai jam tangan dengan kualitas yang mumpuni.


Condotti Drago & Edmondo

Ingersoll INQ

Bentley Jazz Heartbeat


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →


0 komentar

Tulis komentar