TERNYATA INI DIA PERBEDAAN STAINLESS STEEL 304L, 316L, DAN 904L DALAM JAM TANGAN

Diposting oleh Watch Studio pada

Watch Studio Lovers, bagi kalian pecinta jam tangan dengan stainless steel bracelet pasti sudah tidak asing lagi dengan kode-kode stainless steel seperti 304L, 316L, dan 904L. Namun, apakah kalian sendiri paham perbedaan masing-masing kode tersebut? Atau selama ini hanya mengenakan saja tanpa mengetahui perbedaannya? Kali ini, Watch Studio akan kupas tuntas perbedaan masing-masing kode agar kalian dapat memilih jam tangan dengan kualitas stainless steel terbaik!

  1. Stainless Steel 304L

Tipe 304L adalah stainless steel yang paling umum dan mudah ditemukan. Karena stainless steel tipe 304L, selain digunakan untuk jam tangan juga digunakan untuk berbagai produk rumah tangga seperti peralatan masak yang biasa kalian gunakan. Stainless steel 304L memiliki harga yang relatif terjangkau. Oleh karena itu, tipe jam tangan dengan stainless steel 304L biasanya masuk ke dalam kategori jam tangan low end dan bukan bagian dari lini jam tangan mewah.

Jam tangan dengan stainless steel 304L lebih rentan terhadap korosi dibandingkan kedua tipe lainnya, 316L dan 904L. Juga lebih rentan terhadap asam dan mudah berubah warna menjadi gelap saat digunakan dalam jangka waktu yang panjang karena kadar karbon yang lebih tinggi dibandingkan dengan 316L.

  1. Stainless Steel 316L

Merupakan tipe stainless steel yang paling umum ditemui dan digunakan produsen jam tangan, dengan kualitasnya menahan korosi lebih baik dibandingkan tipe 304L. Tipe 316L memiliki tingkat molibdenum yang tinggi. Semakin tinggi molibdenum dalam stainless steel, semakin tahan korosi.

Jika kalian pernah melihat ataupun mendengar istilah marine grade steel atau surgical steel, itu adalah istilah lain dari tipe 316L. Karena kekuatannya dalam menahan korosi, tipe ini sering digunakan untuk industri medis dan kelautan. Oleh karena itu, muncul berbagai istilah yang disebutkan sebelumnya. Jam tangan medium to high end (mewah) sangat sering menggunakan stainless steel tipe 316L.

  1. Stainless Steel 904L

Tipe paling unggul untuk stainless steel yang digunakan produsen jam tangan adalah tipe 904L. Dibandingkan kedua tipe lainnya, tipe 904L memiliki tingkat ketahanan korosi tertinggi. Kalian akan sering menemukan tipe 904L ini dalam lini luxury Swiss Watch. Contohnya, Rolex. Walau tipe 904L memang lebih sulit diolah, namun hasil akhir dari jam tangan yang menggunakan stainless steel tipe ini terlihat lebih halus serta warnanya juga lebih cerah karena kandungan karbonnya yang rendah serta kandungan kromium yang tinggi.

Dari ketiga tipe stainless steel yang sering digunakan untuk jam tangan, untuk mendapatkan jam tangan dengan kualitas yang cukup bagus dengan tetap menekan harga cukup terjangkau adalah jam tangan yang menggunakan tipe stainless steel 316L. Tipe ini sudah cukup mewah untuk kalian para pecinta dan pengguna jam tangan.

Untuk dapatkan jam tangan stainless steel favorit kalian, kalian bisa beli di Watch Studio Indonesia, baik di toko online maupun offline kita. Berikut, beberapa rekomendasi Watch Studio untuk kalian para pecinta jam tangan stainless steel,


Raymond Weil Parsifal

Bentley Industrial Ultimate, BL1869-551MWWI

Roamer R-Line Classic, RO718833 47 45 70


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →


0 komentar

Tulis komentar