INI DIA ARTI BERBAGAI ISTILAH JAM TANGAN YANG SERING KAMU TEMUKAN

Diposting oleh Watch Studio pada


Watch Studio Lovers, bagi kalian yang baru ataupun awam dengan dunia jam tangan, apakah kalian pernah melihat ataupun mendengar istilah chronograph, horology, luminescence, dan berbagai istilah jam tangan lainnya? Bagi kalian yang masih bingung ataupun belum mengetahui berbagai istilah tersebut, Watch Studio akan berikan informasi seputar beberapa istilah yang sering muncul dalam dunia jam tangan untuk kalian. Simak hingga akhir ya!

  1. Chronograph

Chronograph atau biasa dikenal dengan konograf dalam Bahasa Indonesia merupakan pengukur waktu atau stopwatch yang tersedia dalam jam tangan kalian. Dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti, jogging, lari, renang, dan lainnya. Chronograph sendiri berasal dari kata chronos yang berarti waktu serta grafika yang berarti tulisan.

  1. Chronometer

Merupakan sebuah istilah yang merujuk pada jam tangan yang telah lulus standar akurasi, sehingga jam tangan memiliki tingkat presisi yang sangat tinggi. Istilah ini akan kalian sering temukan saat melakukan pembelian jam tangan mekanik yang umumnya perlu dilakukan penyetingan kembali dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, pastikan belilah jam tangan dengan chronometer.

  1. Horology

Horology atau horologi dalam Bahasa Indonesia berasal dari kata Yunani hora yang berarti jam, atau lebih tepatnya adalah waktu, dan logi dari -ologi yang berarti studi tentang. Sehingga horologi adalah studi tentang waktu. Ahli horologi adalah mereka yang mengabdikan dirinya untuk mempelajari waktu; seorang watchmaker.

  1. Luminescence

Apakah kalian pernah melihat jam tangan glow in the dark? Jam tangan tersebut pasti memiliki fitur luminescence. Dengan fitur ini, memungkinkan jam tangan dapat tetap terlihat jelas walau dalam kondisi minim cahaya. Bahan photoluminescent ini biasanya dilapisi pada bagian dial, terutama di bagian angka, tanggal, hingga jarum jam menit dan jam agar jam tetap terlihat jelas.

  1. Movement

Jantung dari sebuah jam tangan, movement yang membuat sebuah jam tangan hidup. Movement terdapat pada jam tangan tipe quartz dan mekanik.

  1. Skeleton

Memiliki arti rangka dalam Bahasa Indonesia, jam tangan tipe skeleton adalah jam tangan yang memungkinkan penggunanya melihat bagaimana movement bekerja. Biasanya tipe jam tangan skeleton memiliki dial transparan keseluruhan maupun sebagian.

  1. Tourbillon

Istilah ini mungkin cukup asing bagi kalian dibandingkan dengan istilah lainnya. Tourbillon hadir untuk mengatasi masalah pada movement jam tangan mekanik. Karena biasanya movement jam tangan mekanik sering memiliki masalah dengan gravitasi yang akan mempengaruhi keakuratan jam tangan, sehingga tourbillon diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Dive Watch

Seperti namanya, jam tangan dalam kategori dive watch adalah jam tangan yang dikhususkan untuk para penyelam. Saat menyelam, dibutuhkan jam tangan yang cukup tangguh untuk menahan tekanan air saat penyelaman berlangsung. Jam tangan dalam kategori ini juga biasanya didesain untuk mudah dilihat dalam keadaan minim cahaya.

  1. Caliber

Merupakan sinonim dari movement, yaitu mekanisme jam tangan. Kini, caliber lebih sering diidentikkan dengan nama mesin jam spesifik.

Ini dia beberapa istilah yang sering berkaitan dengan jam tangan kalian. Untuk kalian yang baru saja menggeluti dunia jam tangan, Watch Studio punya beberapa rekomendasi jam tangan nih yang cocok untuk kalian yang baru mulai mengoleksi jam tangan,


Ingersoll INQ Bentley Aqua Master Roamer Valais


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →


0 komentar

Tulis komentar