KALIAN HARUS TAHU CARA MEMBERSIHKAN JAM TANGAN, JANGAN CUMAN PAKAI SAJA

Diposting oleh Watch Studio pada

Watch Studio Lovers, apakah kalian termasuk pengguna jam tangan harian? Jika iya, kira-kira berapa lama durasi penggunaan jam tangan kalian, hanya sekedar untuk olahraga jadi sekitar 2-3 jam, atau kalian menggunakannya selama bekerja dari 8-12 jam? Mau berapa lama pun kalian menggunakan jam tangan kalian, kalian perlu rajin membersihkan jam tangan kalian. Karena, tangan saja bisa kotor setelah beraktivitas, pastinya jam tangan kita juga bisa kotor karena aktivitas harian kita. Entah dari keringat, debu, dan berbagai kotoran lainnya yang mungkin kalian temui saat beraktivitas.


Namun, bukan karena kalian perlu membersihkan jam tangan kalian secara rutin berarti kalian bisa bersihkan jam tangan kalian asal-asalan. Tiap jam tangan memiliki cara pembersihannya masing-masing untuk mendapatkan hasil pembersihan maksimal tanpa merusak material jam tangan kalian. Jadinya, jam tangan kalian tetap bersih plus awet untuk penggunaan jam tangan dalam jangka panjang. Berikut, Watch Studio akan bagikan cara membersihkan jam tangan sesuai tipe jam tangan kalian.

  1. Jam Tangan dengan Leather Strap

Perawatan jam tangan dengan leather strap perlu lebih berhati-hati agar tidak merusak leather strap kalian. Ingat, untuk leather strap, jika terkena atau terciprat air sedikit itu tidak masalah. Namun, diusahakan untuk hindari leather strap kalian terkena atau terendam air sebisa mungkin. Cara membersihkan jam tangan dengan leather strap adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan strap dari jam tangan.
  • Bersihkan strap dengan kain berserat lembut atau sikat dengan bulu yang sangat halus untuk menghindari kerusakan tekstur strap. Kalau strap kalian berbahan beludru atau nubuck, gunakan sikat khusus untuk bahan beludru atau nubuck.
  • Setelah dibersihkan, gunakan leather conditioner agar strap kalian tetap lembut, lentur, dan lembab.

  1. Jam Tangan dengan NATO dan Strap Nilon

Bagi kalian pecinta jam tangan yang fleksibel dan nyaman untuk penggunaan harian biasanya akan memilih strap NATO atau strap nilon. Selain itu, strap tipe ini tahan air dan paparan sinar matahari. Namun, kekurangan dari tipe strap ini adalah cepat kotor dan bau. Untuk membersihkannya, kalian bisa lakukan:

  • Lepaskan strap jam tangan kalian
  • Bersihkan permukaan strap jam tangan kalian dengan handuk bersih atau sikat dengan bulu yang lembut. Pastikan, sudah tidak ada kotoran yang tertinggal di atas permukaan strap.
  • Di saat yang bersamaan, siapkan air hangat di dalam mangkuk kecil. Masukkan sabun cuci piring lalu aduk hingga air berbuih. Setelah itu, masukkan strap kalian ke dalam mangkuk berisi air sabun tersebut.
  • Setelah rendam selama 2 menit, kucek strap dengan lembut hingga seluruh noda hilang.
  • Bilas dengan air bersih hingga semua buih hilang dan strap bersih.
  • Peras strap dengan lembut, lalu keringkan sisa kelembaban dengan handuk.
  • Jemur strap namun jangan jemur di bawah sinar matahari langsung. Lebih baik di angin-anginkan saja hingga kering.

  1. Jam Tangan dengan Strap Karet

Strap karet adalah strap yang sangat mudah dipakai, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Cocok untuk kamu yang aktif karena strap ini tidak akan meninggalkan bau. Cara bersihkan strap karet adalah sebagai berikut:

  • Lepas strap dari jam tangan kalian jika bisa. Kalau tidak, selama jam tangan kalian water resistant, tidak masalah tidak dilepas.
  • Langsung basahi strap dengan air mengalir lalu gosok dengan sabun cuci tangan atau sabun cuci piring.
  • Basuh hingga bersih lalu keringkan. Jika ingin dijemur, jangan jemur di bawah sinar  matahari langsung.

  1. Jam tangan dengan Bracelet Strap

Ini dia informasi penting bagi kalian pecinta jam tangan dengan stainless steel strap atau biasa dikenal dengan istilah bracelet strap. Tidak mudah untuk merawat bracelet strap kalian agar tetap bersih. Oleh karena itu, perhatikan cara pembersihan yang akan Watch Studio beritahukan kepada kalian agar bracelet strap kalian tetap bersih mengkilap.

DISCLAIMER: UNTUK BRACELET STRAP, DISARANKAN UNTUK PEMBERSIHAN DILAKUKAN PARA AHLI JIKA TIDAK MEMILIKI ALAT YANG TEPAT.

  • Kalian perlu lepaskan strap dari jam tangan. Lepaskan bracelet dari case dengan spring bar tool agar kalian dapat bersihkan bagian dalam lug dan endlink pada bracelet.
  • Siapkan mangkuk berisi air hangat yang telah diberikan sabun. Lalu, masukkan bracelet dan rendam dalam mangkuk tersebut.
  • Setelah didiamkan selama 2 menit, sikat dengan sikat gigi berbulu lembut. Jangan lupa bersihkan cela-cela bracelet karena cela-cela tersebutlah yang biasanya memiliki banyak kotoran menumpuk.
  • Setelah bersih, bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk dan tisu hingga benar-benar kering. Perhatikan juga cela-cela bracelet, pastikan benar-benar kering sempurna.

Nah, sekarang Watch Studio Lovers sudah tahu kan bagaimana cara merawat strap jam tangan kalian. Sekarang, kalian bisa rawat strap kalian agar lebih awet lagi, terutama untuk jam tangan yang kalian gunakan sehari-hari. Namun, kalau kalian merasa membersihkan sendiri terlalu beresiko dan kalian takut rusak, kalian bisa kunjungi Watch Studio Indonesia dan minta bantuan kepada sales kami untuk melakukan pembersihan jam tangan kalian. Nantinya, jam tangan kalian akan dibawa ke ahli kami untuk dibersihkan hingga bersih mengkilap. Selain itu, Watch Studio punya beberapa rekomendasi jam tangan dengan berbagai strap, khusus untuk kalian Watch Studio Lovers!


Bagikan posting ini



← Posting Lama Posting Baru →


0 komentar

Tulis komentar